My pregnancy tips (part 1)

Hai!

Setahun lebih no post di blog ini…

Parah ya saya.. haha..

Kali ini saya akan sharing tentang kehamilan saya. (Yes, saya bahkan sudah melahirkan bulan lalu. 🙈) Sharing apa aja sih yang menurut saya penting diketahui dan dilakukan semasa hamil kemarin. 

Nah, pada trimester awal adalah saat yang baik untuk melakukan berikut, yaitu:

  1. Mencari obgyn atau bidan yang cocok untuk membantu selama kehamilan dan melahirkan. Kenapa hal ini penting? Karena nantinya pandangan dari tenaga medis inilah yang menjadi pendamping utama untuk bertukar pikiran selama hamil dan merencanakan persalinan. Cocok adalah faktor utama, karena paling nyaman selama hamil dapat dokter yang sesuai dengan harapan kita. Saya sendiri cek ke 8 obgyn sebelum memutuskan untuk fokus ke 1 obgyn. Pilihan saya jatuh pada obgyn yang sabar menjawab pertanyaan saya dan suami selama visit. Iya sabar dan jawabannya memuaskan karena setiap sebelum visit saya dan suami selalu menyiapkan seabrek pertanyaan tentang kehamilan. Belum lagi rencana melahirkan. Iya, saya dan suami juga merencanakan proses melahirkan nanti mau seperti apa dan sedikit demi sedikit kami tanya pada obgyn untuk memastikan kami sepaham. Oh ya, ketika ragu atau kurang setuju dengan pendapat tenaga medis yang didatangi, jangan ragu untuk mencari second opinion ya.
  2. Menjaga asupan makanan harian & obat-obatan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan ketika hamil yakni makanan yang tidak matang atau setengah matang. Makanan seperti sushi dan bakar-bakaran seperti sate, sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan masih ada bakteri yang dapat membahayakan janin. Selain larangan makanan, ada pula larangan obat-obatan. Baiknya diskusikanlah hal ini pada obgyn. Selain itu, untuk menjaga gizi janin, ibu hamil harus makan makanan bergizi tinggi agar janin sehat. Saya sendiri mengkonsumsi telur ayam kampung rebus, buah-buahan, dan susu tiap pagi selama hamil. Karena saya tiap minum susu ibu hamil malah mencret jadi saya minum susu bear brand sebagai gantinya. Sementara multivitamin yang saya konsumsi adalah folamil genio, vitamin E dan bio cal-95 yang utamanya sebagai sumber asam folat dan kalsium untuk janin.
  3. Memulai perawatan tubuh untuk ibu hamil. Kata stretch mark sangat melekat pada bumil ya? Saya percaya perawatan sedini mungkin dapat mengurangi munculnya stretch mark. Saya sendiri menggunakan krim anti stretch mark Mothercare dari awal kehamilan sampai minggu ke-30. Selanjutnya saya menggunakan campuran virgin coconut oil dan young living essential oil Gentle Baby. Kenapa saya ganti? Karena menurut saya lebih alami jadi lebih safe. Essential oil Lemon, Ginger dan Peppermint ternyata bisa digunakan untuk mengatasi mual dan muntah selama hamil lho…
  4. Mulai mencari pilihan  untuk olahraga selama hamil. Olahraga selama hamil itu benar-benar membantu proses melahirkan nantinya jadi mulailah sejak awal. Obgyn saya sebetulnya membolehkan untuk mulai yoga hamil dari minggu ke 16 namun berhubung saya kurang tau dimana yoga hamil dan waktunya gak cocok jadilah saya baru mulai yoga di minggu ke 32. Selain yoga ada juga senam hamil. Namun karena memang saya suka yoga dari jaman kuliah jadi saya lebih menikmati yoga hamil. Selain itu gerakan yoga bisa difokuskan untuk mengatasi masalah tertentu pada anggota tubuh ibu hamil.
  5. Baca buku tentang kehamilan & melahirkan. Hamil dan melahirkan itu proses yang istimewa buat setiap perempuan. Saya yakin ketika kita perempuan memahami apa yang terjadi dengan tubuh kita selama hamil akan memudahkan kita menjalaninya. Buku apa yang saya baca? Nanti akan saya share ya. Oh ya selain buku, baca juga web mengenai kehamilan dan melahirkan. Website bidankita.com sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. 
  6. Get your pregnancy essentials! Buat saya yang khawatirannya lebay, saya selalu ingin memastikan janin saya baik-baik saja, jadilah saya membeli fetal doppler. Fetal doppler berfungsi untuk mendengarkan detak jantung janin dari minggu ke 12. Hal ini saya lakukan untuk menenangkan saya misal saya merasa janin saya geraknya kurang. Setelah mendengar detak jantungnya, saya jadi tenang lagi. Selain itu saya juga membeli baby plus. Ini adalah edukasi untuk janin, konsepnya janin diperkenalkan dengan pola sejak dini yaitu dengan memperdengarkan janin suara detak jantung selain detak jantung ibunya. Ini sebenernya saya aja sih yang pengen coba. 😁 Nah selain itu, aplikasi di handphone juga sangat membantu lho. Saya pakai aplikasi pregnancy & baby selama hamil dan ternyata ketika sudah melahirkan aplikasinya juga tetap bermanfaat.
  7. Mulailah untuk memikirkan proses melahirkan seperti apa yang diinginkan. Ini hal yang seringkali lupa dilakukan, karenanya saya cantumkan. Saya percaya hamil dan melahirkan itu proses mengantarkan individu baru ke dunia. Saya juga percaya sebagai seseorang yang diamanahi untuk mengantarkan individu, patut untuk berusaha maksimal dalam prosesnya. Maksudnya, saya berusaha sebisa mungkin untuk happy selama hamil dan berusaha maksimal agar melahirkan normal nantinya.

Okay, sementara itu dulu ya tips dari saya. Rencananya saya akan kembali share hal lain seputar kehamilan. Semoga bermanfaat ya…

😁

4 thoughts on “My pregnancy tips (part 1)

    • cinthyaferbe says:

      Halo mba amel..
      Stretch mark pas saya hamil kebetulan yang berwarna putih dan kecil-kecil banget jadi gak terlalu nampak..
      Yleo lumayan ngefek kok mba pasca dr trimester ketiga dan habis lahiran banget saya make itu rutin dan sekarang udah hampir gak terlalu kelihatan stretch mark saya. Tapi mungkin harus dicoba dulu ya siapa tau efeknya beda2 di orang.. 🙂

  1. Zahra says:

    Lg blogwalking, nyasar kesini. Hihi. Nice share mba.. ditunggu part selanjutnya..
    Oya, mau tanya jg, mba ketika hamil puasa ramadhan? Share tips nya jg dong mba.. hehe

    • cinthyaferbe says:

      Halo mba Zahra, pas bulan ramadhan, saya coba puasa tapi hanya sanggup 3 hari karena sisanya saya lemes. Haha.. dan puasa ini tergantung sih, ada yang anteng aja ibu n anaknya, ada temen saya yang langsung mual muntah karena g kuat. Jadi saran saya coba puasa dulu tapi jangan pernah maksakan kalau memang sudah lemes atau bikin mual dsb, artinya kalo sudah begitu tubuh memberikan sinyal yang kurang baik krn kekurangan asupan.
      Thx for reading mba, ditunggu next tips nya.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s